Berani Basah! Upacara Peringatan HUT TNI Ke-78 Tetap Berlangsung Meski Diguyur Hujan

oleh -414 Dilihat
oleh
Upacara HUT TNI ke 78 di Makodim 0114 Aceh Jaya
Kodim 0114 Aceh Jaya gelar Upacara HUT TNI ke 78

Calang, Berita Aceh Jaya – Kodim 0114/Aceh Jaya melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-78, di Lapangan Upacara Makodim 0114/Aceh Jaya, Calang, Aceh Jaya, Kamis (5/7/2023). Upacara tersebut dilaksanakan meskipun dalam keadaan hujan.

Upacara tersebut dipimpin oleh Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya, Letkol Inf. Alimudin, S.E., yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Turut hadir dalam upacara tersebut, Ketua DPRK Aceh Jaya, Sekda Aceh Jaya, Kapolres Aceh Jaya serta Unsur Forkopimda.

Meskipun dalam keadaan hujan, upacara peringatan HUT TNI ke-78 di Aceh Jaya tetap berjalan dengan lancar dan khidmat.

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju“, yang mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

 

Dalam upacara tersebut, Dandim 0114/Aceh Jaya membacakan amanat Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono. Dalam amanatnya, Panglima TNI menyampaikan bahwa HUT TNI ke-78 ini merupakan momentum untuk intropeksi diri dan merenungkan kembali peran TNI dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI. Panglima TNI juga mengapresiasi seluruh parjurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini.

 

“terlepas dari prestasi atas kepercayaan masyarakat, TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidaklah ringan. Salah satu tantangan besar yang dihadapi bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pelaksanaan pemilihan umum tahun 2024 dimana akan dilaksanakan pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota legislatif serta pilkada serentak di 548 daerah.” kata Panglima TNI.

BACA JUGA :  Tangani Stunting, Pemkab Aceh Jaya Pacu Rakor Penurunan Stunting 2024

“Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi untuk menjamin bangsa.”lanjut Laksamana Yudo Margono.