Pemilik Homestay Aceh Jaya Ikuti Pelatihan Manajemen

oleh -197 Dilihat
oleh
Pemerintah Aceh Jaya Gelar Pelatihan Manajemen Penegelolaan Homestay

Calang, Berita Aceh Jaya – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya menggelar pelatihan manajemen pengelolaan homestay di Aula Hotel Pantai Barat, Calang. Kegiatan yang berlangsung selama empat hari tersebut diikuti oleh 50 orang yang terdiri dari pengelola dan pemilik homestay di wilayah kabupaten tersebut pada selasa (19/09/2023).

Pelatihan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Aceh Jaya, T. Reza Fahlevi, mewakili Pj. Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, S.Sos., M.Si. Dalam sambutannya, Reza Fahlevi menyampaikan pentingnya peran homestay dalam pengembangan sektor pariwisata di Aceh Jaya.

“Homestay menjadi salah satu pilihan akomodasi yang semakin diminati oleh wisatawan, terutama wisatawan yang mencari pengalaman menginap yang lebih personal dan autentik. Oleh karena itu, pelatihan ini diadakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan manajemen homestay di wilayah kita,” ujarnya.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para pemilik homestay dalam mengelola dan memasarkan homestay mereka dengan lebih efektif. Selain itu, pelatihan ini juga akan memberikan pemahaman tentang pentingnya promosi dan pemasaran yang baik dalam menarik lebih banyak tamu ke homestay.

“Dengan adanya peningkatan kualitas dan promosi yang baik, diharapkan akan meningkatkan pendapatan para pemilik homestay dan pada akhirnya berdampak positif pada perekonomian lokal,” kata Reza Fahlevi.

Acara pelatihan ini rencananya akan berlangsung selama empat hari dengan berbagai materi yang akan dibawakan oleh para ahli di bidang pariwisata dan manajemen. Para peserta pelatihan juga akan diajak untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam mengelola homestay mereka.

Kadis Trannaker Aceh Jaya, Sulaiman, S.Sos, menyebutkan bahwa tujuan pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi pengelolaan usaha homestay agar lebih professional dan berkualitas dalam memberi pelayanan kepada wisatawan.

BACA JUGA :  Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024 Resmi Dibuka, Berikut Jadwal dan Persyaratannya

“Pelatihan ini diharapkan akan menjadi langkah awal dalam meningkatkan pariwisata di Aceh Jaya dan membantu para pemilik homestay dalam mengembangkan usaha mereka,” kata Sulaiman.