Manfaatkan Sumber Daya Lokal, Usaha Pabrik Arang Gampong Seumira Tembus Pasar Internasional

oleh -264 Dilihat
oleh

Teunom- beritaacehjaya.com – Pj. Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, S.Sos, M.Si, melakukan kunjungan ke Gampong Seumira dalam rangka meninjau perkembangan usaha ekspor arang yang tengah berkembang di Gampong Seumira Kecamatan Teunom pada Kamis (10/08/2023). Dalam kunjungannya, Pj. Bupati Nurdin turut didampingi oleh  sejumlah pejabat daerah, kepala skpk terkait serta Kepala Bank Aceh Syariah cabang Calang.

Usaha ekspor arang di Gampong Seumira telah menjadi salah satu potensi ekonomi yang signifikan di daerah tersebut. Arang yang dihasilkan dari berbagai jenis kayu lokal memiliki kualitas yang diakui baik dan diminati oleh pasar luar negeri. Dalam kunjungannya, Pj. Bupati Nurdin berkesempatan untuk melihat langsung proses produksi arang, mulai dari pembakaran kayu hingga pengemasan.

Selain itu, Pj. Bupati Nurdin juga menyempatkan waktu untuk berdialog dengan para pelaku usaha, petani arang, dan pekerja pabrik pengolahan. Ia mendengarkan aspirasi dan tantangan yang dihadapi oleh mereka serta memberikan apresiasi atas upaya mereka dalam mengembangkan sektor ekonomi ini.

 

Dr. Nurdin berdialog dengan Henri. salah satu pelaku usaha ekspor arang.

 

Pj. Bupati Nurdin menyatakan, “Saya sangat bangga melihat perkembangan positif usaha ekspor arang di Gampong Seumira. Ini adalah contoh nyata bagaimana potensi lokal dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah daerah akan terus mendukung dan memberikan fasilitas yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha ini lebih lanjut.”

BACA JUGA :  Jelang Idul Adha, Harga Bahan Pokok di Aceh Jaya Dipastikan Stabil