Luncuran Adhyaksa Peduli Stunting, Dr. A. Murtala Harapkan Penurunan Angka Stunting

oleh -532 Dilihat
oleh
Adhyaksa Peduli Stunting
Pj. Bupati Aceh Jaya saat memperlihatkan ikan segar yang akan dibagikan pada peluncuran Adhyaksa Peduli Stunting

Calang, Berita Aceh Jaya – Pj. Bupati Aceh Jaya, Dr. A. Murtala., M.Si.,  menghadiri  peluncuran Adhyaksa Peduli Stunting di Puskesmas Lamno oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh, Drs. Joko Purwanto pada hari Selasa, 2 Juli 2024.  Acara ini menandai komitmen serius pemerintah daerah dalam memerangi stunting di Kabupaten Aceh Jaya.

 

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala IAD Wilayah Aceh, Ny. Sriatin Joko Purwanto, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (KKP) Aceh, Aliman, S.Pi, M.Si. Sekretaris Daerah Aceh Jaya, T. Reza Fahlevi, MM, Kapolres Aceh Jaya, Andy Sumarta, S. I. K, Pj. Ketua TP PKK Aceh Jaya, Mahdalena, SE, MSM, Ketua DWP Aceh Jaya, Tenaldasia Zuryati T. Reza, para Kepala SKPK terkait,  Camat Jaya, Kepala Puskesmas Lamno serta unsur terkait lainnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Murtala menyampaikan bahwa peluncuran Adhyaksa Peduli Stunting merupakan bukti nyata keseriusan pemerintah dalam menangani isu stunting di Aceh Jaya.

 

“Hari ini kami membuktikan keseriusan pemerintah Aceh dengan pemerintah Aceh Jaya dalam menurunkan angka stunting di kabupaten Aceh Jaya,” ujar Pj. Bupati Murtala.

 

Lebih lanjut, Pj. Bupati Murtala menjelaskan bahwa pada hari yang sama, ada tiga kegiatan yang dilakukan secara serentak untuk mendukung penurunan angka stunting. Pertama, adalah kegiatan Adhyaksa Peduli Stunting di Puskesmas Lamno. Kedua, adalah pembagian ikan segar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Aceh. Dan ketiga, adalah panen ikan yang dilakukan oleh pemerintah daerah Aceh Jaya.

 

“Semua kegiatan ini dilaksanakan di lokasi yang telah ditetapkan sebagai lokus stunting,” jelas Pj. Bupati Murtala.

 

“Kami berharap dengan adanya kolaborasi antara berbagai pihak ini, angka stunting di Kabupaten Aceh Jaya dapat diturunkan secara signifikan.” Tutupnya.

BACA JUGA :  Pemkab Aceh Jaya Terima Dividen Rp. 6,8 Miliar dari Bank Aceh Calang

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (KKP) Aceh Aliman, mengatakan bahwa pihaknya memberikan bantuan ikan segar sebanyak 1000 kg di Aceh Jaya. Ikan segar tersebut diberikan kepada anak stunting dan ibu hamil dengan rata-rata 3 kg per orang. Bantuan ini didistribusikan di Puskesmas Lamno dan beberapa gampong lainnya yang memiliki angka stunting tinggi.

 

“Kami memilih lokasi yang memiliki angka stunting tinggi sebagai prioritas utama,” kata Aliman.

 

Pj. Bupati Murtala dan Kepala Dinas KKP Aceh kemudian meninjau langsung pelaksanaan Adhyaksa Penurunan Stunting di Puskesmas Lamno. Mereka juga berdialog dengan para ibu hamil dan anak stunting untuk mengetahui lebih lanjut tentang kondisi mereka.

 

Adhyaksa Peduli Stunting
Kepala Kejari Aceh Jaya Mohammad Anggidigdo, S.H., M.H, saat menyerahkan bantuan pada peluncuran Adhyaksa Peduli Stunting

 

Peluncuran Adhyaksa Peduli Stunting ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas gizi anak-anak di Kabupaten Aceh Jaya.

 

Seusai launching Adhyaksa Peduli Stunting tersebut, Pj. Bupati Murtala beserta rombongan melanjutkan kunjungan ke Gampong Sango dalam rangka memberikan asupan gizi berupa ikan segar upaya menurunkan angka stunting di layanan Posyandu Gampong Sango.

No More Posts Available.

No more pages to load.