Sukses! Duek Pakat Panglima Laot Aceh Jaya Hasilkan Pemimpin Baru

oleh -1163 Dilihat
oleh

Calang, Berita Aceh Jaya – Lembaga Hukum Adat Laot di Aceh Jaya menggelar Duek Pakat ke-V pada hari Rabu, 10 Juli 2024, di Aula Dinas Kesehatan Calang. Acara ini menjadi momen penting dalam menentukan kepemimpinan Panglima Laot Aceh Jaya periode 2024-2030.

Duek Pakat, mandat tertinggi Lembaga Hukum Adat Laot, dihadiri oleh seluruh Panglima Laot di Aceh Jaya, mitra kerja, Forkopimda Aceh Jaya, dan pejabat terkait lainnya. Kehadiran Panglima Laot Aceh dan Sekjen Panglima Laot Aceh menambah istimewa acara ini.

Pawang Wanjir, Ketua Panitia Duek Pakat, menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran acara. Ia juga menegaskan bahwa Duek Pakat ini telah dipersiapkan matang sejak berakhirnya masa jabatan Panglima Laot Aceh Jaya periode 2018-2024.

Teuku Ridwan, Kadis Kelautan, Perikanan dan Pangan Aceh Jaya, dalam sambutannya, menekankan peran penting Panglima Laot sebagai mitra strategis pemerintah dalam menjaga keamanan laut, kelestarian sumber daya kelautan, dan pelestarian adat istiadat. Ia pun menyampaikan komitmen Pemkab Aceh Jaya untuk terus memperkuat keberadaan dan eksistensi Panglima Laot.

Pawang Michtahuddin Cut Adek, Panglima Laot Aceh, berpesan kepada seluruh Panglima Laot Lhok di Aceh Jaya untuk memilih pemimpin yang cakap, memahami adat istiadat, dan mampu mempersatukan Lembaga Adat Laot. Ia mengajak untuk mengedepankan musyawarah mufakat dalam mengambil keputusan.

Dukungan nyata Pemkab Aceh Jaya ditunjukkan dengan penyusunan Rancangan Peraturan Bupati tentang Lembaga Adat Panglima Laot di Aceh Jaya. Ranperbup ini diharapkan dapat segera disahkan untuk memperkuat landasan hukum Lembaga Adat Laot.

Acara Duek Pakat juga diisi dengan penyampaian materi tentang proses pengurusan izin dan administrasi bagi nelayan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh. Diharapkan informasi ini dapat diteruskan kepada para nelayan dan pemilik boat agar mereka segera mengurus izin dan administrasi yang diperlukan.

BACA JUGA :  Dampak Perubahan Iklim, Nelayan Aceh Jaya Gelar Rembuk Iklim Pesisir

Sidang Duek Pakat dipimpin oleh Rusdiansyah, Panglima Laot Lhok Keuluang, dengan anggota sidang Zulfikar, Panglima Laot Lhok Babah Nipah, dan Maulizar, Sekretaris Panglima Laot Lhok Rigaih. Setelah melalui musyawarah mufakat, Pawang Jafaruddin dari Lhok Lhok Kruet terpilih sebagai Panglima Laot Aceh Jaya dan Pawang Wanjir dari Lhok Rigaih sebagai Wakil Panglima Laot Aceh Jaya periode 2024-2030.

Susunan kepengurusan lengkap akan segera disusun oleh Tim Formatur yang dipimpin oleh Panglima Laot terpilih. Harapannya, kepemimpinan baru ini dapat membawa kemajuan bagi Lembaga Adat Laot Aceh Jaya dan membawa manfaat bagi masyarakat nelayan di Aceh Jaya.

No More Posts Available.

No more pages to load.