Letakkan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit, Ini Harapan Pj. Bupati Aceh Jaya

oleh -273 Dilihat
oleh

Calang – Pj. Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, hari ini melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang dimiliki oleh Badan Usaha Milik Gampong Bersama (Bumdesma) yang melibatkan 172 gampong di Aceh Jaya. Kegiatan ini dilaksankan di Gampong Patek, Kecamatan Darul Hikmah pada senin (26/06/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Aceh Jaya, T. Reza Fahlevi, MM, Kapolres Aceh Jaya, Dandim 0114 Aceh Jaya, Wakil Ketua Dprk Aceh Jaya, Perwakilan Kajari Aceh Jaya, Direktur BUMDESMA, Perwakilan PEMA Aceh, Para Staf Khusus, Para Staf Ahli, Para Asisten, Para Camat, Para Keuchik, dan unsur terkait lainnya
Dalam acara tersebut, Dr. Nurdin menyampaikan bahwa pembangunan PKS merupakan langkah pertama dari beberapa bisnis yang akan dilakukan oleh Bumdesma.

Selain PKS, Dr. Nurdin juga mengungkapkan beberapa usaha lain yang sedang dipersiapkan, seperti produksi air minum dalam kemasan, pengembangan Lembaga Keuangan Mikro Syariah, pengiriman biomas, kerjasama SPBU, dan pembangunan toko modern. Ia berharap bahwa bisnis-bisnis ini akan menjadi lokomotif ekonomi bagi Aceh Jaya.

Bumdesma adalah badan usaha yang dimiliki oleh semua gampong di Aceh Jaya, dengan setiap gampong berkontribusi sebesar 25 juta tahun lalu. Tahun ini, kontribusi tersebut meningkat menjadi 100 juta. Dr. Nurdin juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan meminta dukungan dari perbankan untuk menambah biaya operasional dan menutupi kekurangan modal yang dimiliki oleh Bumdesma.

Dr. Nurdin menyampaikan harapannya bahwa Bumdesma dapat menjadi holding perusahaan untuk perekonomian Aceh Jaya, dengan berbagai anak perusahaan yang sedang disiapkan. PKS ini memiliki target untuk mengucurkan Crude Palm Oil (CPO) dalam waktu 14 bulan. Total anggaran yang dialokasikan untuk pendirian PKS ini mencapai 19,6 miliar.

BACA JUGA :  Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, RSUD Teuku Umar Gelar Simulasi Survey Akreditasi