Hindari Musibah, Para Nelayan Tidak Kelaut

oleh -305 Dilihat
oleh

Calang, Berita Aceh Jaya – Guna menjaga keselamatan di laut, para nelayan tidak berani melaut karena cuaca ekstrem terjadi beberapa hari terakhir di wilayah Aceh Jaya. Jum’at (22/9/2023)

Salah satu nelayan di TPI Batee Tutong Calang, Bapak Ilyasak (42) saat di sambangi media ini mengatakan menjaga keselamatan diri dan keluarga dengan cuaca maka tidak berani melaut karena mengakibatkan ombak besar, angin dan petir tidak menutup kemungkinan terjadi.

Apalagi katanya, BPBK Aceh Jaya sudah mengeluarkantpi peringatan dini terkait cuaca, tentunya dengan adanya peringatan tersebut kita selalu waspada terhadap bencana, baik itu di darat maupun di laut.

“Semenjak beberapa hari terakhir semua nelayan tidak melaut, di darat aja hujan di sertai petir apa lagi kalau kita dilaut, pasti musibah kalau kita paksakan.” Ujar Ilyas

Untuk itu, ia berharap kepada pemerintah daerah agar ada dukungan kepada nelayan, tentunya ada perhatian, baik itu bantuan atau harga ikan, karena semua barang kebutuhan naik sedangkan ikan yang kita jual ke penampungan masih harga standar.

“Adanya perhatian dari pemerintah daerah, baik itu dukungan agar harga ikan yang naik, apa lagi saat seperti ini, tidak bisa kelaut faktor cuaca.” Kata Ilyasak.

 

Suasana TPI batee tutong
Boat nelayan yang tidak beroperasi dikarenakan cuaca ekstrem di Aceh Jaya (dok. Anwar)

 

Sementara panglima laot Lhouk Calang, Yunan saat di hubungi mengatakan kepada nelayan agar waspada untuk melaut karena cuaca tidak mendukung yang bisa mengakibat hujan petir disertai angin kencang.

BACA JUGA :  Warga Binaan Lapas Calang Terima Wakaf Alquran