Dinas Perhubungan Kolaborasi dengan Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh untuk Tingkatkan Kemampuan Pelaut

oleh -295 Dilihat
oleh

Aceh Jaya – beritaacehjaya.com- Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Politeknik Pelarangan Malahayati Aceh menggelar program pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian masyarakat dalam dunia maritim yang dilaksanakan di Pelabuhan Calang pada senin (30/10/2023). Jenis diklat yang diselenggarakan meliputi Basic Safety Training Kapal Layar Motor (BST-KLM) dan Surat Keterangan Kecakapan (SKK).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan Aceh Jaya bekerjasama dengan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Calang. Dengan dukungan dari dua instansi ini, pelaksanaan diklat berjalan lancar dan efisien.

Sertifikat BST-KLM menjadi sertifikasi wajib yang harus ditempuh oleh setiap pelaut yang ingin bekerja di kapal. Diklat ini mencakup pengetahuan, pengenalan, keselamatan, dan cara bertahan hidup di laut. Sementara itu, SKK memberikan kecakapan olah gerak kapal di laut, menjadi tanda keahlian bagi individu yang mampu membawa kapal laut.

Kepala Dinas Perhubungan Aceh Jaya, menyatakan, “Program diklat ini sangat penting dalam mendukung sektor maritim di daerah kami. Dengan sertifikasi BST-KLM dan SKK, peserta akan memiliki bekal yang kuat untuk berkarir dalam industri pelayaran.”

Manfaat dari program ini sangat jelas, yaitu meningkatkan kualifikasi dan keahlian para pelaut, serta mendukung pertumbuhan industri maritim di Aceh Jaya. Program diklat semacam ini akan menjadi landasan bagi masa depan yang lebih cerah dalam sektor maritim di wilayah ini.

BACA JUGA :  Kembali terpilih sebagai Ketua PMI Aceh Jaya, T. Irfan Tb lanjutkan sinergitas periode sebelumnya

No More Posts Available.

No more pages to load.