Klaim Tanggung Jawab Cegat Bantuan Untuk Gaza, Siapakah Tsav 9?

oleh -697 Dilihat
oleh
Pencegatan Bantuan Untuk Gaza
Pencegatan bantuan kemanusiaan untuk gaza oleh Kelompok Tsav 9

Berita Aceh Jaya – Massa demonstran Israel memblokir truk-truk bantuan untuk masyarakat Jalur Gaza. Mi instan merek asal Indonesia turut diacak-acak dan diinjak-injak. Kelompok pencegat bantuan kemanusiaan untuk Gaza itu bernama Tsav 9.

 

Dilansir BBC, Rabu (15/5/2024), kelompok yang berada di balik protes tersebut mengatakan bahwa mereka berdemonstrasi menentang berlanjutnya penahanan sandera Israel di Gaza.

 

Menurut laporan di media Israel, kelompok aktivis Tsav 9 bertanggung jawab mengorganisir protes tersebut. Tzav 9 adalah kelompok sayap kanan di Israel.

 

Seorang pengunjuk rasa mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa dia berada di pos pemeriksaan pada hari Senin karena dia mendengar truk bantuan sedang dalam perjalanan ke tangan Hamas, yang mencoba membunuh tentara lain dan warga Israel lainnya.

 

Hana Giat, 33, mengatakan “tidak ada makanan yang boleh masuk ke Gaza” sampai sandera Israel dikembalikan “dalam keadaan sehat dan hidup”.

 

Empat massa pemrotes itu ditangkap aparat setempat. Empat orang itu termasuk satu orang anak di bawah umur.

 

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh Jerusalem Post, Tzav 9 menolak beberapa tindakan para pengunjuk rasa itu. Tzav dengan mengatakan, “Tindakan yang dilakukan hari ini tidak sejalan dengan nilai-nilai gerakan kami.”

 

Namun, Tsav 9 menambahkan bahwa, “Memblokir truk adalah langkah efektif dan praktis di mana kami meneriakkan ‘tidak ada bantuan yang diberikan sampai sandera terakhir kembali’.”

 

Empat pengunjuk rasa, termasuk seorang anak di bawah umur, ditangkap dalam demonstrasi tersebut, menurut pernyataan dari pengacara mereka.

BACA JUGA :  Bupati Aceh Jaya Buka Turnamen Sepakbola Panga